Karikatur Digital vs Karikatur Manual

karikatur-ulang-tahun-tema-dokter-gigi-dentist

Desain Foto Karikatur Digital vs Karikatur Manual

Karikatur Digital vs Karikatur Manual memiliki keunikan dan tehnik tersendiri dalam melakukan pengerjaan pada setiap masing-masing gambar. Bagi karikaturis manual akan berargumentasi bahwa karyanya lebih bernilai seni tinggi karena tingkat kesulitan menggambar tidak semua orang dapat melakukannya. Sedangkan karikatur Digital mengusung cara kerja yang lebih efektif dalam penyelesaian gambar-gambar karikatur yang dibuat oleh karikaturis digital.

Perbedaan Pada Tingkat Kesulitan Karikatur Digital vs Karikatur Manual

Karikatur Digital vs Karikatur Manual juga memiliki tingkat kesulitan yang hampir sama. Apabila karikatur manual mengandalkan tehnik melukis goresan kuas pada kanvas atau coretan pensil pada sebidang kertas, maka berbeda dengan konsep digital yang mengandalkan tehnik komputerisasi dengan beragam tool yang ada pada program desain grafis dan gambar tertentu. Sebelum muncul beragam program software grafis semacam Adobe Photoshop, Painter, Corel Draw dsb, pembuatan gambar karikatur dan kartun sepenuhnya dilakukan secara manual dengan media kanvas atau secarik kertas, cat air, atau pensil. Namun, keduanya memiliki keahlian khusus dan ketelitian mengolah gambar masing-masing.

Struktur Desain Gambar Karikatur Digital vs Karikatur Manual

Cara membuat karikatur digital adalah dengan menggunakan beberapa program software khusus untuk desain grafis gambar. Pada dasarnya meskipun disebut karikatur digital, proses pembuatan gambar ini memerlukan tehnik manual juga. Beberapa goresan yang membentuk wajah, badan, background struktur desain yang lebih teliti dsb, memerlukan sentuhan manual dengan perangkat yang disebut wacom, yaitu semacam pena gambar yang berfungsi sebagai ‘pensil komputer’ dan mentransformasikan goresan goresan tangan kita lewat mouse pada gambar digital yang sedang diedit. Itulah yang membedakan antara Karikatur Digital vs Karikatur Manual. Untuk lebih jelasnya proses pengerjaan karikatur digital silakan buka page step by step.

Penempatan Background Yang Lebih Mudah Karikatur Digital vs Karikatur Manual

Pengerjaan gambar oleh Karikatur Digital vs Karikatur Manual bisa dibuat dengan latar atau background yang lucu dan digambar sesuai dengan keinginan pemesan. Misalnya saja latar pesawat, latar bangunan dibelakang wajah orang yang digambar, pemilihan kostum yang digunakan dalam gambar. Beberapa sampel gambar kostum Superman biasanya menjadi salah satu kostum unik yang sering digunakan untuk gambar desain karikatur. Tentu saja wajahnya disesuaikan dengan gambar karakter si pemesan. Background gambar ini bisa dipilih dan diubah lebih mudah jika menggunakan komputerisasi, dibandingkan dengan cara melukis manual, yang belum tentu bisa. Anda juga bisa merequest gambar karikatur ini dengan konsep dibuat menjadi cerita komik, konsep masing-masing karakter, foto background jika konsumen menginginkan background seperti sekolah, rumah, ataupun tempat-tempat tertentu yang belum kita kenal.

Proses pengerjaan Karikatur Digital vs Karikatur Manual bisa terbilang gampang-gampang susah. Ketika seseorang terbiasa dengan desain gambar wajah lewat komputerisasi maka kemampuan sang editor akan lebih terasah, begitupun dengan manual. Namun, pembuatan pada jasa gambar karikatur biasanya menggunakan beberapa aplikasi, dan software yang sering digunakan adalah software Photoshop yang memberikan tool editing yang sangat lengkap untuk proses pengerjaannya. Selain itu, kelebihan mendesain dan mengedit gambar dengan komputerisasi, hasil gambar bisa disimpan dan diedit kembali jika hasilnya kurang memuaskan dan perubahan gambar mudah dilakukan berulang kali.

Karikatur Digital vs Karikatur Manual, Karikatur digital maupun manual mempunyai kelebihan masing- masing. Karikatur digital banyak disukai sekarang ini karena pemesanannya yang mudah , bisa dipesan online tanpa harus dikirim melalui jasa pengiriman, cukup via email saja kemudian bisa dicetak sendiri oleh klien. Selain itu karikatur digital memungkinkan untuk dicetak di berbagai media, seperti mug, kaos, jam dinding, payung dan sebagainya mengingat banyaknya perkembangan digital printing tentu akan mudah didapatkan. Karikatur manual juga mempunyai keunggalan terutama bagi yang bebar-benar penikmat seni akan lebih suka kesan artistik dari goresan tangan secara manual di kertas atau kanvas.

karikatur-ulang-tahun-tema-dokter-gigi-dentistkarikatur-wedding-tema-juventuskarikatur-farewell-PLN